Apa Yang Sudah Kita Persiapkan Untuk Menyambut Ramadhan ?

bulan puasa
ramadhan photo credit

Sebentar lagi Ramadhan akan tiba. Bila kita menginginkan kebebasan dari neraka di bulan Ramadhan dan ingin diterima amalnya serta dihapus segala dosanya, maka harus ada bekal yang dipersiapkan. Oleh karena itu, persiapkanlah amal sholeh sebagai bekal dalam Menyambut Ramadhan

“Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Allah melemahkan keinginan mereka. dan dikatakan kepada mereka: “Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu.” (At Taubah: 46).

Harus ada persiapan! Sebab dalam ayat di atas dijelaskan bahwa mereka dihukum dengan berbagai bentuk kelemahan dan kehinaan dikarenakan keengganan mereka untuk melakukan persiapan.

Wahai kaum muslimin, agar buah bisa dipetik di bulan Ramadhan, harus ada benih yang disemai, dan ia harus diairi sampai menghasilkan buah yang rimbun. Puasa, qiyamullail, bersedekah, dan berbagai amal sholeh di bulan Rajab dan Sya’ban, semua itu untuk menanam amal sholeh di bulan Rajab dan diairi di bulan Sya’ban. Tujuannya agar kita bisa memanen kelezatan puasa dan beramal sholeh di bulan Ramadhan, karena lezatnya Ramadhan hanya bisa dirasakan dengan kesabaran, perjuangan, dan tidak datang begitu saja. Hari-hari Ramadhan tidaklah banyak, perjalanan hari-hari itu begitu cepat. Oleh sebab itu, harus ada persiapan yang sebaik-baiknya.

Jangan Lupa, Perbarui Taubat!

“Setiap keturunan Adam itu banyak melakukan dosa dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat.” Hasan. HR. Tirmidzi: 2499.

Allah memerintahkan para hambaNya untuk bertaubat, karena taubat wajib dilakukan setiap saat.

“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (An Nuur: 31).

Wahai kaum muslimin, mari kita persiapkan diri kita dengan memperbanyak amal sholeh di dua bulan ini, Rajab dan Sya’ban, sebagai modal awal untuk mengarungi bulan Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.

Ya Allah mudahkanlah dan bimbinglah kami. Aamiin..

Sumber #tadabbur_

#persiapan #amalsholeh #menyambut #ramadhan #taubat #semai #airi #rajab #syaban #puasa #sedekah #qiyamullail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *