Hal-Hal Yang Harus Dipahami Oleh Seorang Istri

duduk berdua di tepi danau
pasangan suami-istri photo credit

Menurut Syekh Sayyid Nada, agar rumahtangga menjadi sakinah maka seorang  istri harus memahami 4 hal, yaitu sebagai berikut :

1. Ketaatan istri terhadap perintah suami.

Seorang istri sudah selayaknya taat kepada suaminya, selama tidak menyuruhnya untuk berbuat maksiat kepada Allah. ‘’Kecuali jika memerintahkan berbuat maksiat, tidak ada ketaatan baginya,’’ papar Syekh Sayyid Nada. Bahkan, jika suami memerintahkan istrinya untuk melaksanakan hal-hal yang mubah, maka wajib baginya untuk melaksanakan perintah tersebut.

BEST SELLER ❤️️ Gamis Babydoll Balo, hanya 129ribu (CEK ALBUM INI) 😉 jangan sampai kehabisan ya! free ongkir by...

Posted by Debusana on Monday, January 4, 2016

Menurut Syekh Sayyid Nada, sesungguhnya suami merupakan orang yang paling berhak atas istrinya. Suami, kata dia, merupakan surga dan neraka bagi istrinya, seperti yang disebutkan dalam berbagai hadits. Keridhaan suami merupakan kunci surga bagi seorang istri yang salihah.

2. Seorang istri tak boleh mengizinkan orang lain masuk ke dalam rumah suaminya, kecuali atas izin sang suami.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi yang artinya, “Janganlah seorang istri memberikan izin kepada siapapun untuk masuk ke dalam rumah suaminya kecuali atas izinnya.” (HR Thabrani). Apalagi jika suami membenci orang tersebut, maka tidak halal bagi istrinya untuk mengizinkan orang itu memasuki rumah suaminya, walaupun orang tersebut masih termasuk keluarganya. ‘’Namun, seorang suami juga tidak pantas melarang keluarga istrinya mengunjungi rumahnya,’’ papar Syekh Sayyid Nada.

3. Istri tidak boleh menolak ajakan suaminya.

Menurut Syekh Sayyid Nada, jika seorang suami mengajak istrinya untuk berhubungan intim, maka seorang istri tidak boleh menolak apapun alasannya. Bahkan walaupun istrinya itu sedang marah kepada suaminya atau terjadi perselisihan diantara keduanya. Sebab penolakan istri kepada suami menyebabkan jatuhnya kemarahan Allah terhadap dirinya.

Nabi pernah bersabda, “Demi Allah yang jiwaku berada di tanganNya, tidaklah seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur-untuk berjima’-lalu istrinya menolak, melainkan penghuni-penghuni langit akan murka kepadanya hingga suaminya ridha kepadanya.” (HR Muslim)

4. Janganlah istri menggunakan harta suaminya tanpa izin dan janganlah dia berlebih-lebihan dalam menggunakan harta suaminya tersebut.

Menurut Syekh Sayyid Nada, seorang istri tak boleh menggunakan harta suaminya tanpa seizin suaminya. Selain itu, seorang istri juga dilarang menghambur-hamburkan dan memboroskan harta suaminya tanpa hak. ‘’Sebab di akhirat nanti Allah akan menanyakan tentang penggunaan harta tersebut kepadanya,’’ tuturnya.

Harta suami merupakan amanah bagi istrinya dan dia akan dimintai pertanggungjawabannya nanti di akhirat. Oleh karena itu, seorang istri wajib merawat harta suaminya dengan baik.

Semoga Bermanfaat . . .

#nasehat #pernikahan #rumahtangga #sakinah #suami #istri

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *