Istri Sholehah Yang Menghargai Suami

keluarga sakinah
istri sholehah photo credit

Istri yang sangat menghargai suami adalah istri solehah. Mereka tahu bahwa suami adalah imam (pemimpin), ridho suami adalah hal yang sangat penting bagi kaum istri. Istri yang faham akan ajaran agama dan berkenan mengaplikasikannya akan menjadi anugerah terindah bagi suaminya. Semoga istri-istri seperti ini mendapati suaminya yang juga tak kalah indah, suami yang soleh. Bersama menjalani kehidupan penuh cinta dalam bingkai keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah.

Ada sebuah kisah nyata yang disampaikan oleh sahabat saya kepada saya. Ini tentang seorang istri yang begitu mencintai dan menghargai suaminya. Padahal penghasilan suami hanya sekitar sepuluh persen dari penghasilan istrinya. Di masa dulunya saat si istri tidak bekerja, si suami kerap kali memarahi istrinya tersebut. Kalau anak mereka kenapa-kenapa, si suami langsung menyalahkan istrinya. Hingga akhirnya si istri mungkin berpikir bahwa suaminya begitu karena tekanan ekonomi. Akhirnya sang istri yang cerdas ini pun kembali berkarir atas seizin suaminya. Karena kecerdasan, keuletan dan sikapnya yang dipandang bagus di perusahaan tempatnya bekerja, karir sang istri pun terus melejit hingga kini menempati posisi yang cukup bagus di perusahaan.

Saat penghasilan sang istri terus semakin besar dari pada penghasilan sang suami, sang istri tetap memperlakukan suaminya dengan baik. Sang istri tidak lantas neko-neko dan membalas perlakuan suaminya yang dulu kerap memarahinya. Sang istri tetap menghargai suaminya sebagai imam, sebagai kepala keluarga. Izzah (kehormatan) suami tetap terjaga. Alhamdulillah keadaan ini membuat sang suami jauh lebih baik lagi terhadap sang istri.

Terkadang kita para suami melampiaskan emosi yang didapat dari pekerjaan kepada istri kita di rumah. Tekanan ekonomi, sulitnya mendapatkan penghasilan yang cukup kerap membuat kita cari pelampiasan, dan seringkali yang jadi korban adalah istri kita. Jika istri kita bukan istri yang baik, yang tidak menghargai kita, yang senantiasa menuntut dan menekan, maka pertengkaran bisa jadi suatu hal yang wajar. Tapi jika istri kita adalah sosok yang sabar, tak pernah menuntut dan menekan, begitu lembut dalam melayani dan memperlakukan kita, pantaskah kita memarahinya hanya karena hal-hal yang sepele.
Istri itu adalah sosok yang semestinya kita cukupi kebutuhannya, kita jaga kehormatannya, kita bahagiakan hatinya, kita ceriakan hidupnya, bukan malah sebaliknya.Istri yang sangat menghargai suami tak akan pernah tega suaminya kurus kering berkulit kusam karena lelah, pedih dan susahnya menjemput nafkah. Maka jangan sampai kita lantas menyalahkan mereka hanya keadaan yang keras di luar rumah. Jika mereka mau, mereka bisa bertukar posisi dan mereka yang menjemput nafkah dan suami diam di rumah. Jika sudah begini lalu dimanakah rasa malu kita semabai suami.

Semoga Allah selalu ingatkan saya agar saya bisa menjadi suami yang baik. Suami yang bisa dengan indah menyayangi sepenuh hati istri yang sangat menghargai suaminya.

#hikmah #pernikahan #rumahtangga #pasutri #sholehah

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *