Jangan Jadikan Akhlak sebagai hiasan Dakwah Saja Tapi Jalankanlah

embun diujung daun
tetesan embun photo credit

Akhlak . . .
Tema yang sering menjadi pembahasan dalam setiap dakwah, di kajian-kajian, televisi, radio, media sosial, buletin dan sebagainya.

Hampir seluruh media dakwah berkali-kali mengangkat tema “Akhlak” dalam dakwahnya.

Namun di dunia nyata, dalam kenyataan sehari-hari, sangat banyak kita melihat hilangnya akhlak terhadap sesama manusia !
Akhlak sesama muslim pun tidak juga membaik dengan banyaknya dakwah tentang akhlak. Mengapa hal seperti ini bisa terjadi?

Sementara syariat islam sangat mengedepankan akhlak dalam tuntunannya, bahkan Rasulullah SAW sangat menekankan masalah akhlak dalam dakwah beliau.

Tidak hanya Akhlak kepada Allah Ta’ala dan RasulNya, namun akhlak terhadap saudara seiman juga menjadi patokan penting dalam membentuk kepribadian muslim yang baik.

Perbaikilah akhlak kita.. Tidak hanya memperhatikan akhlak dan adab terhadap Allah Ta’ala dan RasulNya saja, lalu akhlak terhadap sesama mukmin kita kesampingkan dan dianggap tidak penting, padahal poin ini memegang peranan penting yang akan mempengaruhi timbangan amal kita di akhirat kelak.

Sebagaimana sabda Baginda Rasulullah SAW “Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang Mukmin pada Hari Kiamat nanti selain akhlak mulia. Sesungguhnya Allah membenci orang yang berbuat keji dan berkata-keta keji” (HR at-Tirmidzi)

“Seorang muslim yang baik adalah yang membuat kaum muslimin yang lain selamat dari gangguan lisan dan tangannyaā€¯ (HR. Bukhari)

Sudah saatnya “Akhlak” tidak hanya menjadi hiasan dakwah tetapi mari kita jalankan “Akhlak” dalam kehidupan sehari-hari, agar dakwah kita tidak hanya dipermukaan saja.

#akhlak #dakwah #amal #akhirat #timbangan #muslim #lisan #tangan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *