Kadar Keikhlasan

takaran keikhlasan
sistematika ikhlas photo credit

Hal yang paling sulit bukan ketika mengeluarkan tenaga dengan gratis, memberi sedekah dengan jumlah fantastis dan memberi senyum dengan manis.

Sesungguhnya semua itu mudah untuk dilakukan oleh siapa saja….
Yang sulit itu adalah menjaga kadar Keikhlasannya.

Bagaimana tidak ?
Jika kita telah bersusah payah membantu orangtua, menyapu, mengepel dan menyetrika. Tapi orangtua selalu bilang “kamu ga pernah kerja apa-apa” dan disitu kita ngedumel.

BEST SELLER ❤️️ Gamis Babydoll Balo, hanya 129ribu (CEK ALBUM INI) 😉 jangan sampai kehabisan ya! free ongkir by...

Posted by Debusana on Monday, January 4, 2016

Ketika kita bersusah payah berpikir untuk mengetik sebuah tulisan, kemudian orang lain menyebarkannya tanpa Izin dan menyertakan nama kita bahkan melakukan plagiat, kita jadi kesal.

Ketika kita giat pergi shalat 5 waktu di masjid, kemudian datang orang mengatakan bahwa kita ini tidak baik karena dulunya terkenal tidak baik, kita pun jengkel.

Ketika teman membutuhkan bantuan, kita bantu. Tapi ternyata esoknya kita butuh bantuannya tapi ia tak peduli. Seketika kita ungkit-ungkit kembali jasa yang telah kita lakukan padanya.

Ketika kita sudah berdoa dan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Berharap jodoh datang menghampiri yang baiknya setipe dengan kita. Ternyata Allah kasih jodoh yang tak baik. Disitu kita bertanya-tanya pada Allah bahkan marah-marah. “Mengapa oh mengapa ya Allah…” “Kenapa harus aku ya Allah… “

Ketika pagi, siang dan malam mengumpulkan uang 20 tahun demi pergi haji. Kemudian ketika kita pulang ke tanah air, orang tidak menyebut kita pak haji, bu haji…
Lalu kita marah bahkan tidak mau menoleh kalau tidak dipanggil bu haji, pak haji.

Dan banyak lagi rasa letih lainnya, yang membuat kita tidak ikhlas dalam berdakwah !

Ada seorang hamba yang berhaji namun tidak diketahui orang lain jika ia sudah berhaji.

Ada seorang hamba rutin mengirimkan doa bagi sahabat-sahabat dan saudara semuslim lainnya disepertiga malam yang ia kerjakan, tanpa ada seorangpun mengetahui.

Kemudian ketika bersedekah ratusan juta hanya menyebut namanya HAMBA ALLAH.

Masyaa Allah.. Allahu Akbar… Jadi, Kira-kira berapa kadar keikhlasan kita ???

Sumber #likeislam

#tafakur #muhasabah #ikhlas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *