Para Orangtua, Renungkanlah…

peternak kambing
penggembala photo credit

Setiap orangtua bertanggung jawab besar atas anak-anaknya kelak dihadapan Allah Ta’ala. Sebagai orangtua, kita wajib mendidik anak-anak perempuan kita agar menjadi wanita terhormat.

Sungguh tega orangtua yang membiarkan anak perempuannya mengumbar aurat di jalan-jalan, bergaul bebas bercampur baur tanpa batas, membiarkan anak perempuan mereka tinggal diluar rumah dan menutup mata terhadap apa yang mereka lakukan dan dengan siapa mereka bergaul.

Kelalaian orangtua terhadap pendidikan anak-anak merekalah yang menjadi sebab utama timbulnya kebejatan moral dan akhlak.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda ; Akan datang kepada manusia suatu zaman, dimana orang beriman lebih hina daripada kambingnya. (Ibnu Asakir)

Para pengembala kambing, jika kambingnya belum pulang ke kandang saat matahari tenggelam, maka akan dicarinya hingga kambingnya ketemu meskipun ia harus keluar masuk kampung.

Akan tetapi di zaman sekarang banyak anak perempuan yang tidak pulang bahkan sampai larut malam, dibiarkan saja oleh orangtuanya.

Inilah yang dimaksud dalam hadits tersebut, bahwa orang-orang beriman lebih hina daripada kambingnya.

Astaghfirullahal ‘adziim..

Kutipan khutbah #UstadSalimSyariefMauladawilah

#parenting #renungan #orangtua #anak #perempuan #aurat #moral #akhlak

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *