Perlukah Seorang Anak Diajarkan Problem Solving ?

gadis kecil yang cantik
memikirkan banyak pertanyaan photo credit

Tidak jarang, seorang anak mengikuti sikap orangtuanya hari ini ketika ia belajar bagaimana cara menghadapi masalah yang dihadapinya kelak dalam kehidupannya. Anak akan melihat tindakan-tindakan orangtuanya dalam memecahkan berbagai masalah, baik permasalahan diri sendiri, maupun permasalahan anak.

Ada orang tua yang overprotektif, semua permasalahan di hadang oleh mereka dalam rangka melindungi anak-anak mereka.

Ada orang tua yang apatis, cuek bebek atau tidak peduli dan menyepelekan masalah tanpa solusi.

BEST SELLER ❤️️ Gamis Babydoll Balo, hanya 129ribu (CEK ALBUM INI) 😉 jangan sampai kehabisan ya! free ongkir by...

Posted by Debusana on Monday, January 4, 2016

Ada orang tua yang lebih bijaksana, pandai problem solving atau menyelesaikan masalah.

Ada orang tua yang lebih memilih berlari menghindarinya, dan sebagainya. Dan kelak anak-anak akan meniru tindakan orangtua mereka dalam perilaku sehari-hari.

Lalu, perlukah seorang anak diajarkan problem solving? Ya, tentu. Sangat penting mengajarkan anak untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan mereka.

Karena kemana pun mereka melangkah, mereka akan terus berhadapan dengan permasalahan yang harus mereka atasi. Tak bisa orangtua terus mengajak anak-anak berlari menghindari atau menjadi tameng dalam setiap permasalahan yang mereka hadapi.
Mereka akan menjadi sangat MANJA.

Dan tak bisa juga orang tua mengajak anak-anak untuk tidak ambil peduli atau cuek bebek karena itu akan membuat mereka menyepelekan hal-hal yang harusnya PENTING dalam kehidupan mereka dan mendzalimi orang lain.

Karena itu, mereka pun harus belajar mempertimbangkan segala aspek resiko sebelum bertindak, memahami kaidah sebab-akibat, dan pertimbangan latar belakang masalah untuk memecahkan setiap permasalahan mereka.

Dan tentu saja, mereka juga harus banyak belajar untuk SABAR.

Dan proses belajar itu lebih efektif bila diberikan dalam contoh melalui tindakan-tindakan orangtua secara konkrit kemudian baru diperkuat dengan lisan.

Jadi, marilah kita para orang tua, menghadapi masalah secara bijaksana, berkepala dingin, dan penuh pertimbangan.. Karena kelak, anak-anak akan mencontoh cara kita dalam menyelesaikan segala permasalahan mereka.

By #UmmuAliyyahAthThabrani

Sumber #WasiyatiMarhami

#parenting #problemsolving #overprotective #apatis #bijaksana #manja #sabar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *