Tentang Ujian Kehidupan

berzikir di waktu petang
bersabar disetiap ujian photo credit

Sahabat, Hidup di dunia ini tak akan pernah lepas dari ujian. Ada beberapa hal yang perlu kita ingat, ketahui dan sadari tentang ujian kehidupan tersebut.

Hal pertama yang perlu kita sadari tentang ujian, ujian tak hanya berupa kesulitan. Bahkan kemudahan pun, terkadang adalah bentuk dari ujian. Ujian dapat melalui banyak hal, keluarga, sahabat, istri atau suami, teman, anak, orang sekitar. Bisa pula melalui harta benda dan kedudukan.

Hal kedua yang perlu diingat tentang ujian adalah ujianmu dengan ujian orang lain pasti tidak akan pernah sama.
Sebagai contoh si A di berikan ujian melalui keluarga yang tidak harmonis namun memiliki keuangan yang sangat berlebih.
Si B, memiliki keluarga sangat harmonis namun pas-pasan keuangannya. Namun si C, mempunyai keluarga harmonis dan keuangan berlebih.

BEST SELLER ❤️️ Gamis Babydoll Balo, hanya 129ribu (CEK ALBUM INI) 😉 jangan sampai kehabisan ya! free ongkir by...

Posted by Debusana on Monday, January 4, 2016

Contoh diatas bukan berarti Allah lebih sayang dengan si C karena ia seolah memiliki segalanya. Allah itu tidak pilih kasih. Allah itu adil. Allah ingin melihat siapakah hambanya yang bersabar dan tetap bersyukur dan siapakah yang mengeluh dan menjauh dariNya karena ujian tersebut.

Hal ketiga yang perlu diketahui tentang ujian kehidupan adalah ujian itu menghasilkan 2 hal untuk timbangan akhiratmu, pahala dan dosa. Tentu saja ketika kita bersabar, kita akan menumpuk pahala sedangkan jika mengeluh akan menghasilkan dosa.

Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barang siapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi)

Hal keempat tentang ujian kehidupan yaitu, ujian itu mempunyai manfaat bagi siapa yang berhasil melaluinya. Orang yang sudah lulus ujian pasti akan lebih tangguh, tenang dan sabar dalam menjalani hidup. Dia juga pasti akan lebih bijaksana dalam memaknai kesulitan dan kemudahan yang Allah berikan karena sesungguhnya dibalik kesulitan itu ada kemudahan.

Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya maka dia diuji (dicoba dengan suatu musibah). (HR. Bukhari)

Semoga kita selalu menjadi orang yang bersabar dan bersyukur… Aamiin..

#cobaan #mutiarahadist #nasehat #kemudahan #kesulitan #dunia #tangguh #tenang #sabar #syukur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *